Minggu, 12 Mei 2013

MENUJU PORPROV 2013 JAWA TENGAH DI BANYUMAS, PANJAT TEBING KAB. TEGAL



Setelah berjuang keras kurang dari satu bulan akhirnya federasai panjat tebing kabupaten tegal berhasil meloloskan enam atlet untuk  tiket porprov jawa tengah 2013 dibanyumas dalam ajang pra proprov di semarang selama 6 hari dari tanggal 26 April hingga 1 Mei 2013 tepatnya di gor jatidiri jatingaleh. Pra porprov tersebut  diikuti oleh 30 kabupaten/kota yang ada di wilayah Jawa tengah dengan mengirimkan atlet-atlet terbaiknya dari masing-masing pengurus kabupaten/kota antara 5 sampai 16 atlet. Kabupaten tegal sendiri mengirimkan 12 atlet seperti yang disampaikan oleh official manager tim Mulya “hanzo “ slamet “ kami sengaja menurunkan banyak atlit yang terdiri dari 6 atlet putri dan 6 atlet putra agar kesempatan lolos ke porprov lebih besar dan terbukti kita bisa meloloskan 6 atlet ke ajang porprov 2013 bulan oktober nanti ” Terlebih tidak semua kabupaten/kota bisa meloloskan atletnya dalam ajang porprov, kita wajib bersenang hati walaupun dari sisi kualitas atlet kita masih jauh dibanding kabupaten/kota besar lainnya yang ada di jawa tengah seperti solo,kudus, sragen dan banyumas itu sendiri.” Tutur saudara Hanzo sang manager tim. Namun kita tidak usah berkecil hati, selama masih ada semangat dari para atlet dan official tim serta dukungan dari KONI kabupaten tegal kita bisa meningkatkan lagi kualitas para atlet dengan melakukan pembinaan yang lebih terprogram dan terarah dengan harapan mampu menghasilkan atlet berprestasi khususnya panjat tebing sehingga bisa mengharumkan nama kabupaten tegal baik tingkat propinsi, nasional sampai ketingkat internasional” Ujarnya. 

Dalam pra porprov di semarang tersebut,dilombakan tiga kategori yaitu tingkat kesulitan jalur panjang ( Lead ), Tingkat kesulitan jalur pendek ( Boulder ) dan tingkat kecepatan ( Speed ) yang masing-masing kategori terbagi 23 nomor perlombaan baik untuk perorangan, beregu dan campuran, demikian juga yang akan dilombakan dalam  porprov nantinya di banyumas akan dilombakan tidak jauh dari nomor-nomor tersebut yang secara garis besar akan memperebutkan masing- masing 23 untuk emas, perak dan perunggu. Malah bisa lebih dari itu kalo ditingkatan umur juga ikut dilombakan yaitu kategori onsight (16 tahun) dan flash ( 13 tahun ). Sehingga kesempatan untuk mendapatkan medali itu banyak, tentunya harus dibarengi dengan kualitas atlet yang mumpuni yang mampu bersaing dengan lawan dari kabupaten/kota lain.
Dilihat dari segi persiapan dalam menghadapi pra porprov ini, atlet panjat tebing kabupaten tegal dirasa masih kurang persiapan di banding atlet kabupaten lain yang masing-masing pengurus telah mempersiapkan atlet tahun-tahun sebelumnya dikarenakan kurangnya sumber daya manusia dikabupaten tegal yang mau mengurusi olahraga panjat tebing. Dari segi sarana dan prasarana, olahraga panjat tebing dikabupaten tegal masih tertinggal jauh dengan kabupaten lain yang rata-rata telah memiliki sarana buat latihan seperti hal nya papan wall climbing standar kompetisi, seperti yang disampaikan oleh Nurkholis, pelatih sekaligus ketua harian federasi panjat tebing kabupaten tegal “ persiapan kita memang sangat minim sekali, tim atlet baru dibentuk satu bulan sebelum pra porprov dan langsung menjalani proses seleksi. Dengan sarana prasarana seadanya di SMK 2 Slawi dan sebagian baru dibuat, para atlet mulai menjalani program latihan. Para atlet itu sendiri berasal dari para pelajar sekolah dikabupaten tegal yang rata-rata siswa pecinta alam seperti dari “JAGAD” SMK 2 Slawi, “Pasma” SMA Negeri 1 Slawi, “Palagri” SMA 3 Slawi, “Claw” SMA 1 Warurejo serta dari club “Kancil Adventure “. Ujarnya. Dengan bisa meloloskan 6 atlet ketingkat porprov itu suatu anugerah tersendiri, Walaupun belum mendapatkan medali.  artinya kita masih ada kesempatan lebih banyak meraih prestasi di porprov 2013 banyumas dengan persiapan yang lebih matang lagi tentunya butuh dukungan dari elemen masyarakat kabupaten tegal terutama pihak sekolah dan para orang tua siswa yang masuk tim atlit juga dukungan dari elemen pemerintah daerah dalam hal ini KONI kabupaten tegal .” Sambungnya.
Sumber : FPTI kab.Tegal Bidang Media dan promosi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar